PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA (STUDI KASUS) SISWA KELAS VA SD NEGERI 82 KOTA BENGKULU

Rahmawati, Alifia Rizki and Herman, Lusa and Dalifa, Dalifa (2023) PERAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA (STUDI KASUS) SISWA KELAS VA SD NEGERI 82 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ALIFIA RIZKI RAHMAWATI - Alifia Rizki rahmawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam
mengatasi kesulitan membaca siswa kelas VA SD Negeri 82 Kota Bengkulu. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri 82 Kota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji
kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan
triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga kesulitan membaca: (1)
kebiasaan membaca berupa, siswa membaca dengan menggerakkan kepala ke kiri
dan kanan, membaca bacaan dengan menunjuk menggunakan jari, serta
menempatkan buku bacaan dengan jarak pandang yang terlalu dekat. Upaya guru
mengatasinya dengan cara memberikan perhatian kepada siswa dengan
membiasakan siswa membaca dengan benar, (2) kekeliruan pemahaman yaitu
siswa tidak mampu menjelaskan kembali informasi bacaan yang dibaca dan tidak
mampu memahami bacaan yang dibaca, upaya guru mengatasinya dengan
menjelaskan kembali materi yang tidak dipahami, memberikan latihan soal untuk
mengembangkan pemahaman siswa dalam memahami bacaan, memberikan
penilaian untuk memotivasi (3) gejala serbaneka, siswa membaca kata demi kata
dan membaca dengan penekanan tanda baca yang tidak tepat, upaya guru dalam
mengatasinya dengan meluangkan waktu untuk membimbing siswa belajar
membaca serta memberikan motivasi.
Kata kunci : Peran Guru, Pengajar, Kesulitan Membaca

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:52
Last Modified: 10 Sep 2024 04:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item
View Item