ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 KOTA BENGKULU PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN PROSEDUR POLYA

SINAGA, MARGARETHA and Teddy, Alfra Siagian and Nur, Aliyyah Irsal (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 1 KOTA BENGKULU PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN PROSEDUR POLYA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Margaretha Sinaga_A1C018035_Skripsi_Bebas Perpus UNIB - 035 Margaretha Sinaga.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Matematika memiliki peran penting dalam kehidupan, hanya saja masih banyak
siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal cerita tentang aritmatika sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu pada materi aritmatika sosial
berdasarkan prosedur Polya. Adapun langkah penyelesaian Polya terdiri dari 4
indikator yaitu: (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana/memilih strategi,
(3) melaksanakan rencana/memecahkan masalah, dan (4) memeriksa kembali.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 32 siswa kelas VIII-7 SMPN 1 Kota
Bengkulu pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah reduksi data, paparan data dan triangulasi. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023
berdasarkan prosedur Polya yaitu 51,38% (kategori cukup). Sebaran tingkat
kemampuan pemecahan masalah matematisnya dalam tiap tahapan Polya sebagai
berikut: memahami masalah 71,46% (kategori baik), menyusun rencana/memilih
strategi 40,63% (kategori cukup), melaksanakan rencana/memecahkan masalah
56,88% (kategori cukup), dan memeriksa kembali 38,33% (kategori kurang).
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,Prosedur Polya,
Aritmatika Sosial

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:52
Last Modified: 10 Sep 2024 04:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor