Pratiwi, Suci Bhakti and Sri, Dadi and Nani, Yuliantini (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 41 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SUCI - A1G018103 - PGSD - suci bhakti pratiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek
sikap, pengetahuan dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus meliputi perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas V C SDN 41 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Instrument yang
digunakan yaitu lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan
lembar observasi dan tes. Hasil rata-rata penerapan model siklus I mencapai 59,5
katagori cukup dan siklus II mencapai 92 sangat baik. Aspek sikap rasa ingin
tahu diperoleh hasil yang mendapat katagori baik dan sangat baik sebanyak 14
siswa atau 58,33%, siklus II diperoleh hasil yang mendapat katagori baik dan
sangat baik 22 siswa atau 91,66%. Aspek pengetahuan bahasa Indonesia siklus I
mencapai rata-rata kelas 72,70 dengan ketuntasan klasikal 75% dan siklus II rata-
rata kelas 92,08 dengan ketuntasan klasikal 91,66%. IPS siklus I rata-rata kelas
71,45 dengan ketuntasan klasikal 70,83% siklus II rata-rata kelas 91,66 dengan
ketuntasan klasikal 87,50%. Aspek keterampilan siklus I diperoleh hasil yang
mendapat katagori baik dan sangat baik sebanyak 14 siswa atau 58,33%, siklus
II diperoleh yang mendapat katagori baik dan sangat baik sebanyak 21 siswa atau
87,50%. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Learning Cycle
meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V di SDN 41
Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle, Hasil Belajar Siswa
Aspek Sikap, Pengetahuan, Keterampilan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:10 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21281 |