PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN TERAKREDITASI A DI KOTA BENGKULU

Rusmana, Ronaldo Hadi Okta and Feri, Noperman and Herman, Lusa (2023) PENGARUH PENGGUNAAN TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN TERAKREDITASI A DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_RONALDO HADI OKTA RUSMANA_A1G019006 - Ronaldo Hadi Okta Rusmanna.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan TikTok sebagai
media pembelajaran terhadap hasil belajar tematik muatan IPA siswa kelas V
SDN terakreditasi A di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan
desain penelitian the matching only prettest-posttest control group desaign.
Populasi penelitian ini adalah seluruh SD yang ada di Kota Bengkulu yang
terakreditasi A dan diperolehlah SDN 02 Kota Bengkulu sebagai kelas
eksperimen dan SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian
ini kelas VB dari SDN 02 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen, dan kelas VA
dari SDN 82 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan
tes dilakukan dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung di
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data data menggunakan
analisis statistik desriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian
yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung (2,09) data nilai ttabel (1,67)
pada taraf signifikan 5%, secara statistika terlihat thitung (2,09) > ttabel (1,67), maka
dapat disimpulkan terdapat penggaruh penggunaan TikTik sebagai media
pembelajaran terhadap hasil belajar tematik muatan IPA siswa kelas V SDN
terakreditasi A di Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Penggunaan TikTok, Hasil Belajar Tematik Muatan IPA

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:10
Last Modified: 10 Sep 2024 08:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21289

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200