Ulhaq, Saniyah Dhiya and Herman, Lusa and Irfan, Supriatna (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA POWTOON PADA KELAS III SDN 77 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_SANIYAH DHIYA ULHAQ_A1G019071_PGSD_FKIP_UNIVERSITAS BENGKULU - Saniyah Dhiya ulhaq.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik dengan penerapan model pembelajaran think pair
share berbantuan media powtoon pada kelas IIIA SDN 77 Kota Bengkulu penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas
IIIA SDN 77 Kota Bengkulu tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian berupa
lembar observasi dan lembar tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan lembar
observasi menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skok terendah, selisih skor
dan kisaran skor tiap kriteria. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas
dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil rata-rata aktivitas siswa pada siklus I
diperoleh skor 23.5 dengan kriteria (C) dan meningkat pada siklus II dengan
memperoleh skor 34 kriteria (B). Sedangkan untuk hasil belajar siswa aspek
pengetahuan pada siklus I muatan Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata -rata yaitu
74.35 dengan ketuntasan belajar klasikal 63% mengalami peningkatan pada siklus II
memperoleh nilai rata-rata yaitu 81.09 dengan ketuntasan belajar klasikal 89.1% dan
aspek pengetahuan nilai rata-rata pada siklus I muatan SBdP memperoleh nilai rata-
rata 71.09 dengan ketuntasan belajar klasikal 67.3% mengalami peningkatan pada
siklus II memperoleh nilai rata -rata 81.52 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%.
Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran think pair share berbantuan media powtoon dapat meningkatkan
aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Powtoon, Aktivitas
Pembelajaran, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:58 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21299 |