PENGEMBANGAN E-BOOKLET PEMBELAJARAN TERPADU BERDASARKAN POTENSI MINUMAN BUAH SEGAR ETLINGERA (MSBE) SEBAGAI FITOFARMAKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Sari, Fenty Fitrian and Aceng, Ruyani and Euis, Nursaadah (2023) PENGEMBANGAN E-BOOKLET PEMBELAJARAN TERPADU BERDASARKAN POTENSI MINUMAN BUAH SEGAR ETLINGERA (MSBE) SEBAGAI FITOFARMAKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
FENTY FITRIAN SARI_A2L021009.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pengaruh pemberian
MSBE terhadap kadar merkuri dan glukosa darah pada penambang emas rakyat, 2)
mendeskripsikan kelayakan e-booklet yang dikembangkan sehingga dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik SMPN 03 Lebong dan 3) mendeskripsikan
hasil belajar peserta didik SMPN 03 Lebong setelah menggunakan e-booklet
terintegrasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan
model ADDIE dengan metode quasi eksperiment yang melibatkan 48 orang peserta
didik kelas VIII SMP N 03 Lebong. Penelitian ini termasuk dalam penelitian uji
klinis terbatas . Hasil penelitian menunjukkan pemberian MSBE berpengaruh secara
signifikan terhadap penurunan kadar glukosa dan merkuri pada darah penambang
emas (t hit ˃ t tab). Data hasil penelitian sains kemudian dikembangan menjadi E-
booklet pembelajaran terpadu tipe koneksi. Untuk melihat kelayakan E-booklet
dilakukan validasi dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan kegrafisan dengan rata-
rata skor 96% dengan kategori layak digunakan sebagai bahan ajar. Pengembangan
E-booklet pembelajaran terpadu menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih
tinggi ketika dalam proses pembelajaran peserta didik menggunakan e-booklet
(kelas eksperimen) dibandingkan dengan tidak menggunakan e-booklet (kelas
Kontrol). Hal tersebut dibuktikan dari nilai N-Gain pretes dan postest pada kelas
eksperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi, hasil uji signifikansi (0,000<0,05)
dan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen 28,37 sedangkan kelas kontrol
14,71.
Kata Kunci: E-Booklet terkoneksi, MSBE, Fitofarmaka, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:24
Last Modified: 11 Sep 2024 03:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21346

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200