PENGEMBANGAN MODUL IPA TERINTEGRASI PADA KONTEKS GEJALA DEMAM BERDASARKAN POTENSI BAHAN ALAM DAUN SUNGKAI (PERONEMA CANESCENS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA

Heriwati, Heriwati and Aceng, Ruyani and Rendy, Wikrama Wardana (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA TERINTEGRASI PADA KONTEKS GEJALA DEMAM BERDASARKAN POTENSI BAHAN ALAM DAUN SUNGKAI (PERONEMA CANESCENS) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS HERIWATI (A2L020008) - heriwati her.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan pengaruh ekstrak daun Sungkai
(Peronema canescens) terhadap suhu tubuh Mencit (Mus musculus) dan dosis
efektifnya, (2) Menjelaskan kelayakan modul IPA terintegrasi pada konteks
penyakit demam berdasarkan potensi bahan alam daun sungkai (Peronema
canescens) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik, (3) Memperoleh data
respon guru dan peserta didik terhadap modul yang dikembangkan, (4)
Memperoleh gambaran peningkatan literasi sains peserta didik menggunakan
modul yang dikembangkan dan (5) Memperoleh gambaran pengaruh penggunaan
modul yang dikembangkan terhadap literasi sains peserta didik. Penelitian ini
terdiri dari dua tahap, pertama uji potensi penurunan suhu tubuh oleh ekstrak daun
Peronema canescens dilakukan dengan metode eksperimen dengan 5 perlakuan
dan 5 kali ulangan yang dilihat rata-rata penurunan suhunya. Hasil penelitian
ekstrak daun Peronema canescens menunjukkan dosis 8,25 mg/Kgbb lebih efektif
menurunkan suhu tubuh namun masih dibawah parasetamol. Kedua, implementasi
hasil penelitian digunakan pada modul untuk melihat peningkatan literasi sains
peserta didik pada pembelajaran IPA kelas VII di MTsN 2 Bengkulu. Nilai pretest
posttest digunakan untuk melihat peningkatan literasi sains peserta didik pada
aspek konten, konteks dan kompetensi dengan Uji N-Gain didapatkan
peningkatan sebesar 73%. Sedangkan sikap sains, diukur melalui lembar observasi
didapatkan skor penilaian 3,57 berada pada kategori sangat baik. Ketiga, respon
guru terhadap modul tergolong sangat baik, sebesar 95% sedangkan respon
peserta didik terhadap modul yang dikembangkan sebesar 91,5% yang berada
pada kategori sangat baik.
Kata kunci: Peronema canescens, Mus musculus, penurunan panas tubuh, modul

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:25
Last Modified: 11 Sep 2024 03:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21353

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200