PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN BERBASIS POE PADA KONTEKS ANALISIS MELAMIN MENGGUNAKAN NANOPARTIKEL EMAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Rani, Atikah Puspa and M. Lutfi, Firdaus and Euis, Nursaadah (2023) PENGEMBANGAN BLOG PEMBELAJARAN BERBASIS POE PADA KONTEKS ANALISIS MELAMIN MENGGUNAKAN NANOPARTIKEL EMAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
tesis perpus puspa_compressed - Atikah Puspa Rani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan blog pembelajaran kimia
berbasis POE (Predict, Observe, Explain) untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan
pengembangan model R&D tipe 4D yang melibatkan 30 orang siswa-siswi
kelas XI MAN 1 Kota Bengkulu. Pada tahap analisis dilakukan analisis
kebutuhan guru dan siswa sebagai dasar pengembangan blog pembelajaran dan
analisis deteksi visual melamin menggunakan NPE (Nanopartikel Emas) secara
spektrofotometri UV-VIS sebagai implementasi konten sains dalam proses
pembelajaran materi polimer. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa
NPE yang disintesis dari bioreduktor strawberry dapat mendeteksi melamin
dengan konsentrasi NPE 5ppm dengan kondisi optimum pada pH 5, suhu
optimum pada 75oC, waktu inkubasi optimum selama 5 menit, serta NPE yang
selektif dan sensntif untuk mendeteksi melamin. Blog pembelajaran didesain
berdasarkan model pembelajaran POE dengan mengacu terhadap lima
indikator keterampilan berpikir kritis menggunakan website blogger.
Selanjutnya untuk melihat kelayakan blog pembelajaran dilakukan validasi.
Data validasi diolah menggunakan Content Validity Index (CVI) dengan
pedoman aiken tabel. Rata-rata hasil validasi ahli materi, ahli soal, dan ahli
media pada blog pembelajaran berbasis proyek memperoleh nilai I-CVI >0,8
yang menyatakan bahwa blog pembelajaran valid dan layak digunakan sebagai
bahan ajar pada tahap implementasi. Peningkatan keterampilan berpikir kritis
siswa diperoleh dari hasil n-Gain pada skor pretest dan postest. Keterampilan
berpikir kritis siswa setelah menggunakan blog pembelajaran berbasis POE
mengalami peningkatan, ditunjukkan oleh rata-rata N-Gain 0,63 pada kategori
sedang. N-Gain terendah sebesar 0,45 pada indikator menentukan suatu
tindakan dan n-gain tertinggi sebesar 0,78 pada indikator memfokuskan
pertanyaan.
Kata Kunci: POE, NPE, melamin, keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:25
Last Modified: 11 Sep 2024 03:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21356

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200