PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC IKLAN ELEKTRONIK BERMUATAN PRODUK LOKAL BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

USWATUN KHASANAH, ANA and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC IKLAN ELEKTRONIK BERMUATAN PRODUK LOKAL BENGKULU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB_ ANA USWATUN KHASANAH_S2 PENDAS - Ana Uswatun Khasanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pengembangan, kelayakan secara logis, kelayakan secara empiris, respon guru dan
siswa serta keefektifan media video animasi motion graphic yang dikembangkan
di SDN 16 Kota Bengkulu. Metode yang dipakai yaitu metode Research and
Development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model
ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 30 orang dan objek
penelitian yaitu produk media video animasi motion graphic bermuatan produk
lokal Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara, angket,
tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) dan
Essai yang diberikan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa media yang dikembangkan memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat
untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari validasi materi
sebesar 0,95, validasi bahasa 0,88 dan validasi desain 0,92. Untuk respon siswa
menunjukkan respon positif terhadap media yang dikembangkan. Serta cukup
efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Terlihat dari
hasil belajar aspek pengetahuan, nilai signifikansi pada (2-tailed) yaitu 0,000 dan
nilai N-Gain Score 73%. Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil
belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis motion graphic cukup
efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi
iklan elektronik di Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Media, Video Animasi, Iklan elektronik,Produk lokal Bengkulu
Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:19
Last Modified: 12 Sep 2024 02:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21402

Actions (login required)

View Item
View Item