Royana, Yana and Hanifah, Hanifah and Zamzaili, Zamzaili (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-EFFICACY PADA MATERI TRIGONOMETRI SMA KELAS X. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FILE PDF TESIS YANA ROYANA - Yana Royana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 2)
Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
terhadap self-efficacy siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen
semu (quasi experimen desain). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri
Sukakarya Kab. Musi Rawas dengan populasi seluruh siswa kelas X berjumlah
114 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.MIA 3 sebagai kelas kontrol
yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas X.MIA.1 sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 30 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik simple random.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
tes, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif
siswa dan self-efficacy siswa maka peneliti menggunakan uji MANCOVA. Dapat
disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kovariat kemampuan awal siswa
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa , 2) terdapat pengaruh
kovariat kemampuan awal siswa terhadap self-efficacy siswa yaitu ,
3) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa dan self-efficacy siswa secara bersama-sama
setelah mengontrol kemampuan awal siswa yaitu , 4) terdapat pengaruh
model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa setelah mengontrol kemampuan awal siswa yaitu sig. < 0,001 atau
sebesar , 5) terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap
self-efficacy siswa setelah mengontrol kemampuan awal siswa sig. < 0,001 atau
sebesar , 6) terdapat pencapaian kemampuan berpikir kreatif siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi
dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional setelah mengontrol
kemampuan awal siswa bernilai positif dan signifikasi < 0,001, 7) terdapat
pencapaian self-efficacy siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran model
konvensional setelah mengontrol kemampuan awal siswa bernilai positif
dan signifikasi < 0,001.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif,
Kemampuan Self-Efficacy siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:18 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21405 |