EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Prameswari, Etika and Zamzaili, Zamzaili and Hanifah, Hanifah (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS DAN PLAGIAT__ ETIKA PRAMESWARI - Melisa Antasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model
Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berfikir Kritis
Siswa SMA Negeri 2 Kota Bengkulu pada semeseter genap tahun
pelajaran 2022/2023 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas XI yang berjumlah 432 siswa dan sampel penelitian berjumlah 72
siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA U sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI MIPA A sebagai kelas kontrol. Instrument
penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematika dan
kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan uji
multivariate analysis of covariance (MANCOVA). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger efektif untuk
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika Hal ini
ditunjukkan dari nilai Pada table Tests of Between-Subjects Effects pada
baris kelas didapat nilai F hitung = 257,280 sedangkan nilai F table
untuk db (1,69) = 3,9798 yang berarti F hitung lebih dari F table.
Selanjutnya model pembelajaran Treffinger efektif untuk meningkatkan
kemampuan berfikir kritis siswa Hal ini ditunjukkan dari nilai pada
table Tests of Between-Subjects Effects pada baris kelas didapat nilai F
hitung = 170,674 sedangkan nilai F table untuk db (1,69) = 3,9798 yang
berarti F hitung lebih dari F table. Rata-rata nilai siswa pada kelas yang
diajar dengan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi dibandingkan
dengan siswa yang di ajar dengan menggunakan model pembelajaran
Saintifik. Rata-rata pemahaman konsep matematika pada kelas
eksperimen sebesar 82,290 dan kelas kontrol sebesar 61,682. Rata-rata
kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 78,306 dan
kelas kontrol sebesar 57,805.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan
Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:18
Last Modified: 12 Sep 2024 02:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21412

Actions (login required)

View Item
View Item