PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA BANGUN DATAR SISWA KELAS IV MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU

ANITA LESTARI, ECI and Agus, Susanta and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH PENDEKATAN RME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA BANGUN DATAR SISWA KELAS IV MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
ECI ANITA LESTARI (A2G021010) - Eci Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME terhadap
Pemahaman Konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada bangun datar kelas IV MI
Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian
ini adalah siswa MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu, yang berjumlah 24 siswa kelas IV
Darussalam sebagai kelas kontrol, dan 24 siswa kelas IV Naim sebagai kelas eksperimen.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep dan soal
tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal essay melalui pretest dan postest. Teknik
analisa data dalam penelitian ini analisa validasi ahli dengan menggunakan Aiken’s V dan
Interrater Reliability, serta analisis kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Dari hasil
penelitian diketahui bahwa hasil validasi materi, konstruksi dan bahasa layak digunakan
dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji-t hipotesis 1 didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,00
kurang dari taraf signifikan (α) 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa kelas IV MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu.
Sedangkan pada uji t hipotesis 2, didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,02 kurang dari taraf
signifikan (α) 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdadarkan uji N-gain score dari
penerapan pendekatan RME lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan konvensional
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap
kemampuan pemecahan masalah MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu dan dinyatakan
efektif.
Kata Kunci: Pendekatan RME, Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:56
Last Modified: 12 Sep 2024 02:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21415

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200