PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERMUATAN BUDAYA LOKAL DAN ASING DENGAN PENDEKATAN PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS DI SUMATERA BAGIAN SELATAN

Monica, Shella and Safnil, Safnil and Muhammad, Kristiawan (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERMUATAN BUDAYA LOKAL DAN ASING DENGAN PENDEKATAN PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS DI SUMATERA BAGIAN SELATAN. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DISERTASI] Text (DISERTASI)
SHELLA MONICA PERPUSTAKAAN UNIB - Sella Monica.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Budaya dan bahasa memiliki ikatan yang sangat erat dan tidak bisa dipisahkan.
Pemahaman tentang budaya lokal dan asing sangat dibutuhkan dalam
pembelajaran bahasa Inggris. Namun bahan ajar bahasa Inggris yang berisi
informasi pemahaman lintas budaya masih sangat minim keberadaannya sehingga
menjadi keresahan guru SMA di Sumbagsel, Indonesia. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan bahan ajar baru yang belum pernah ada sebelumnya yaitu
bermuatan budaya lokal dan asing dengan pendekatan pemaham lintas budaya
untuk SMA di Sumbagsel. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE.
Beberapa sekolah menengah atas di Sumbagsel dipilih melalui cluster random
sampling sebagai lokasi penelitian. Data penelitian diambil menggunakan angket
terbuka dan tertutup, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Produk
didesain berdasarkan hasil analisis kebutuhan dan analisis instruksional yang
melibatkan guru sebagai responden. Hasil validasi pakar menunjukan bahwa
produk berada pada kriteria „Sangat Valid‟ dari segi isi, bahasa dan media. Hasil
angket uji kelayakan produk dan wawancara pada uji coba terbatas menunjukan
bahwa produk yang dikembangkan berada pada kriteria „Sangat layak‟ dan sesuai
bagi siswa dan guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar bahasa
Inggris bermuatan budaya lokal dan asing dengan pendekatan pemahaman lintas
budaya yang telah dikembangkan telah sesuai untuk dijadikan bahan ajar
tambahan untuk siswa SMA di Sumbagsel.
Kata Kunci: Bahan ajar, Budaya Lokal, Budaya Asing, Pendekatan Pemahaman
Lintas Budaya, Sumbagsel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:56
Last Modified: 12 Sep 2024 02:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21423

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200