AMAN, GUSTAR and Irwan, Koto and Puspa, Djuwita (2023) PENGEMBANGAN MODUL IPA MATERI SISTEM TATA SURYA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL SISWA KELAS VI. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
GUSTAR AMAN BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - SDN PULAUKIDAK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan modul IPA
materi sistem tata surya berbasis PjBL untuk meningkatkan pengetahuan faktual
dan konseptual siswa, serta untuk mengembangkan dan menghasilkan modul IPA
materi sistem tata surya berbasis PjBL. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah Model ADDIE terdiri dari atas lima tahap pengembangan yang
meliputi tahap analisis (Analysis), tahap perancangan (Design), tahap Develop
(pengembangan), tahap implementasi (Implementation) dan tahap evaluasi
(Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul IPA materi sistem tata
surya berbasis PjBL pada aspek materi, bahasa, dan konstruksi dinyatakan valid
secara logis dan konsistensi antar validator terinterpretasi ―sangat kuat‖. Modul IPA
materi sistem tata surya berbasis PjBL juga dinyatakan layak secara empiris
berdasarkan hasil wawancara guru dan angket respon siswa. Menurut guru kualitas
modul IPA materi sistem tata surya berbasis PjBL sudah baik, semua unsur-unsur
modul sudah terpenuhi. Selain itu sajian gambar membantu siswa untuk memahami
materi sistem tata surya. Modul IPA materi sistem tata surya berbasis PjBL juga
efektif untuk meningkatkan pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkkan skor
N-gain pada peningkatan pengetahuan faktual yang diperoleh sebesr 0,75 dengan
klasifikasi tinggi dan pada peningkatan pengetahuan konseptual diperoleh skor N�gain sebesar 0,72 dengan klasifikasi tinggi.
Kata Kunci : Modul IPA, PjBL, Pengetahuan Faktual, Pengetahuan Konseptual
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:31 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21426 |