PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL DALAM MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V

EDI PURNOMO, BAMBANG and Irwan, Koto and Agus, Susanta (2023) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PETA KONSEP TERHADAP PENGUASAAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL DALAM MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS BAMBANG EDI PURNOMO A2G021006 OK - Bambang Edi Purnomo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar peserta
didik jenjang Sekolah Dasar antara lain dengan menggunakan strategi pembelajaran
yang tepat. Salah satunya adalah strategi pembelajaran dengan peta konsep.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi
pembelajaran dengan peta konsep terhadap penguasaan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam materi Siklus Air pada siswa kelas V. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan
jenis penelitian quasi experimental design. Instrumen yang diberikan terdiri dari
dimensi pengetahuan faktual berjumlah 10 soal dan konseptual berjumlah 10 soal.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis
data terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan penguasaan pengetahuan
faktual antara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 22,14% dan pengetahuan
konseptual sebesar 17,78 %. Disimpulkan bahwa a) Terdapat pengaruh yang
signifikan (a=5%) penggunaan strategi pembelajaran dengan peta konsep terhadap
penguasaan pengetahuan faktual. b) Terdapat pengaruh yang signifikan (a=5%)
penggunaan strategi pembelajaran dengan peta konsep terhadap penguasaan
pengetahuan konseptual. c) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara
penguasaan pengetahuan faktual dan konseptual melalui penggunaan strategi
pembelajaran dengan peta konsep dalam materi Siklus Air pada siswa kelas V.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, peta konsep, pengetahuan faktual, pengetahuan
konseptual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21450

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200