PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V

SUSANTI, EKA and Irwan, Koto and Agus, Susanta (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS EKA SUSANTI A2G021011_compressed - eka susanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan penggunakan LKPD belum maksimal dan lembar kerja peserta didik
yang telah digunakan kurang menarik siswa untuk berlatih keterampilan proses
sains. proses IPA. Keterampilan guru terhadap materi pembelajaran IPA belum
maksimal. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kelayakan LKPD berbasis DL
dalam pembelajaran IPA siswa kelas V, mengetahui respon siswa terhadap LKPD
berbasis DL dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar kognitif
dan keterampilan proses sains siswa kelas V, mengetahui efektivas penggunaan
LKPD berbasis discovery learning dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan
hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jenis penelitian
menggunakan Research and Development (R&D) suatu proses untuk
mengembangkan produk baru atau penyempurnakan produk yang telah ada
sehingga dapat di pertanggungjawabkan. Penelitian pengembangan yang digunakan
adalah pengembangan LKPD berbasis DL dalam pembelajaran IPA untuk
Pengembangan LKPD berbasis DL dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan
meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses siswa kelas V telah
dihasilkan melalui penerapan pendekatan R & D dengan metode ADDIE. Integrasi
model DL dalam unsur LKPD telah memperhatikan keterbatasan kemampuan
berfikir rasional yang dimiliki siswa terutama siswa usia SD. untuk membantu
meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains menggunakan
model DL. Soal-soal yang digunakan soal kognitif dan soal keterampilan proses
sains digunakan untuk penilaian. Kesulitan pengembangan LKPD berbasis DL
dalam pembelajaran IPA yaitu pada tahap design, terutama pemilihan warna yang
mencolok pada background dan pemilihan gambar yang bagus. Dengan peneliti
selanjutnya perlu mempersiapkan gambar-gambar yang akan digunakan untuk
mendukung LKPD.
Kata kunci: LKPD, DL, Kognitif dan KPS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: septi septi
Date Deposited: 12 Sep 2024 07:34
Last Modified: 12 Sep 2024 07:34
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21451

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200