SALIMI, IBNU and Abdul, Muktadir and Agus, Susanta (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS CERITA RAKYAT MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS IBNU-PERPUS UNIB-dikompresi - Ibnu Salimi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar komik berbasis cerita rakyat
menggunakan aplikasi canva dengan model discovery learning untuk meningkatkan hasil
belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah
Research and Development model ADDIE. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV
SDN 05 Muara Beliti Plus. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen,
observasi, angket dan tes. Jenis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1. Produk yang dilakukan dalam pengembangan bahan ajar
adalah sebagai berikut: (a) menyusun bahan ajar, (b) pemilihan format, (c) rancangan awal. 2.
Kelayakan materi yaitu hasil validasi pada aspek materi didapat rata-rata angka Aiken’s V
0,93 (Valid), Kelayakan bahasa yaitu hasil validasi pada aspek bahasa didapat rata-rata angka
Aiken’s V 0,91 (Sangat Valid), Kelayakan penyajian dan kegrafikan yaitu hasil validasi
didapat rata-rata angka Aiken’s V 0,94 (Sangat Valid). 3. Bahan ajar komik berbasis cerita
rakyat menggunakan aplikasi canva dengan model discovery learning ini dinilai efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Bahan Ajar Komik, Model DL, canva
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:01 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21456 |