HANDAYANI, NING and Irwan, Koto and Agus, Susanta (2023) PENGARUH PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MATERI SIKLUS AIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS NING HANDAYANI NPM A2G021046_compressed - ning handayani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Lembar
Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Leraning terhadap kemampuan
berpikir kritis aspek memberikan penjelasan sederhana serta mengatur strategi dan
taktik pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Metode yang digunakan adalah quasy experiment. Desain pada penelitian ini yaitu
The Matching Only Prettest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Banpres dan seluruh siswa
kelas V SDN 2 Banpres. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN1
Banpres berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 2
Banpres berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang diberikan
berupa tes tertulis terdiri atas variabel keterampilan berpikir kritis aspek
memberikan penjelasan sederhana serta aspek mengatur strategi dan taktik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan Lembar
Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning terhadap keterampilan
berpikir kritis aspek memberikan penjelasan sederhana serta aspek mengatur
strategi dan taktik siswa kelas V SDN 1 Banpres.
Kata Kunci : Lembar kerja Peserta Didik, Model Problem Based Learning, ,
Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:04 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21460 |