JUN ANTRIYANI, SESNI and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DASAR MEMBACA DAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text (TESIS)
            
              
Text (TESIS)
TESIS SESNI JUN ANTRIYANI UNTUK PERPUS UNIB_compressed - Sesni Jun Antriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Bahasa 
Indonesia menggunakan media permainan bahasa terhadap kemampuan literasi 
dasar membaca dan menulis siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan 
adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain “The Maching Only 
Pretest-Posttest Control Group Design”. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 
orang siswa kelas II.A SDN 134 Rejang Lebong sebagai kelas eksperimen, dan 20 
orang siswa kelas II.C SDN 134 Rejang Lebong sebagai kelas kontrol. Instrumen 
penelitian ini yaitu soal tes, yang terdiri atas tes kemampuan literasi dasar 
membaca, dan tes kemampuan literasi dasar menulis. Hasil penelitian 
menunjukkan bahwa rata-rata nilai posstest tes kemampuan literasi membaca 
pada kelas kontrol lebih rendah yakni 75,25 dibandingkan dengan rata-rata nilai 
kelas eksperimen yakni 82,95. Begitu juga dengan rata-rata nilai posstest tes 
kemampuan literasi menulis pada kelas kontrol lebih rendah yakni 67,55 
dibandingkan dengan rata-rata nilai kelas eksperimen yakni 79,25. Teknik analisis 
data menggunakan uji independen sampel t- tes dengan taraf signifikansi 5% 
dengan berbantuan SPSS versi 25. Nilai signifikansi tes kemampuan literasi 
membaca sebesar 0,000<0,05 yang artinya Ha1 diterima, dan nilai signifikansi tes 
kemampuan literasi menulis sebesar 0,006<0,05 yang artinya Ha2 diterima. Jadi 
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran bahasa Indonesia 
menggunakan media permainan bahasa terhadap kemampuan literasi dasar 
membaca dan menulis siswa sekolah dasar.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Permainan Bahasa , Literasi Membaca, 
Literasi Menulis.
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Postgraduate Program | 
| Depositing User: | septi septi | 
| Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:13 | 
| Last Modified: | 12 Sep 2024 08:13 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21464 | 

