SUYAMTO, SUYAMTO and Puspa, Djuwita and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTOR SISWA KELAS V SDN MUARA RENGAS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS SUYAMTO A2G021060 PRODI PENDAS_compressed (1)_compressed (1) - Fadhli Omi Raharjo.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching
terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa dalam
pembelajaran PPKn pada materi Keanekaragaman Sosial Budaya. Sampel pada
penelitian adalah siswa Kelas VA (kelas eksperimen) dan VB (kelas kontrol)
sebanyak 43 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuasi eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis, angket, skala
sikap, dan rubrik penilaian praktik/kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa : 1) terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran quantum
teaching dalam Pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa
kelas V , 2) terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran quantum
teaching dalam pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar aspek afektif siswa
kelas V , 3) terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran quantum
teaching dalam pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar aspek psikomotor
siswa kelas V. Implementasi model quantum teaching dapat berpengaruh
terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dalam pembelajaran
PPKn.
Kata kunci: Model Quantum Teaching , Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran
PPKN
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:19 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21465 |