PENGARUH PROFESIONASLISME, PENAMPILAN ATRAKTIF, INTERAKSI REAL TIME, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP PURCHASE INTENTION SAAT LIVE STREAMING DI TIKTOK

Febri, Yanti and Fachri, Eka Saputra and Seprianti, Eka Putri (2023) PENGARUH PROFESIONASLISME, PENAMPILAN ATRAKTIF, INTERAKSI REAL TIME, DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP PURCHASE INTENTION SAAT LIVE STREAMING DI TIKTOK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Skripsi Febri Yanti - Febri Yanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang terkenal dikalangan
masyarakat, saat ini Tiktok menyediakan fitur yang dapat membuat pengguna
mereka berbelanja produk secara online, fitur tersebut dikenal dengan nama
Tiktok Shop. Mengingat saat ini jual beli online sudah menjadi trending topik di
seluruh dunia salah satunya Indonesia, banyak perusahaan yang menggunakan
media internet untuk mempromosikan produk mereka salah satunya dengan
promosi produk melalui live streaming di Tiktok Shop. Tujuan dari penelitian ini
yaitu menganalisis pengaruh profesionalisme, penampilan atraktif, interaksi real
time, dan price discount terhadap purchase intention.
Stimulus Organisme Responce (SOR) diusul oleh Mehrabian & Russel
pada tahun 1974 dan kemudian di modifikasi oleh Jacoby tahun 2002 (Sun et al.,
2022). Purchase intention mengacu pada kemungkinan perilaku konsumen untuk
membeli suatu produk atau jasa dalam kegiatan pemasaran (Zhang et al., 2020).
Profesionalisme merupakan keahlian live streamer/penyiar siaran langsung untuk
memasarkan produk, memberikan informasi yang akurat dan mengetahui
produknya dengan baik (Zhong et al., 2022). Penampilan atraktif yaitu
penampilan yang menarik dari seorang streamer yang penting untuk menarik niat
beli konsumen (Song & Liu, 2021). Interaksi real time yaitu interaksi secara
langsung dengan konsumen online ( Lessel et al., 2017). Price discount
merupakan pengurangan harga yang ditentukan oleh penjual pada waktu tertentu
dan dengan harga tertentu ( Parreault et al., 2017).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online. kuesioner mendapatkan
190 responden yang memiliki kriteria 1) Berusia 17-30 tahun. 2) Responden yang
pernah menonton live streaming penjualan produk yang dilakukan live streamer di
aplikasi Tiktok. Kemudian data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan metode
regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) profesionalisme berpengaruh
positif dan signifikan terhadap purchase intention, artinya semakin besar reaksi
positif individu yang mempunyai niat beli pada produk saat live streaming Tiktok,
maka purchase intention individu tersebut juga akan semakin meningkat. 2)
penampilan atraktif berpengaruh positif dan siginfikan terhadap purchase
intention, maka purchase intention pada individu yang memiliki niat untuk
membeli produk saat live streaming Tiktok juga akan semakin meningkat. 3)
Interaksi real time berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.
4) Price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention
artinya semakin besar diskon yang diberikan kepada konsumen maka semakin
xi
besar juga purchase intention yang timbul saat konsumen melihat penjualan
produk ketika live streaming di Tiktok shop.
Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu diharapkan menambah variabel
lain yang dianggap memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen dan
menjelaskan variabel dependen tersebut. Selain itu diharapkan untuk memperluas
populasi penelitian seluruh pengguna Tiktok yang ada di Indonesia. Keterbatasan
pada penelitian ini terdapat pada pengumpulan data dengan menggunakan
kuesioner karena jawaban yang diberikan responden kadang tidak menunjukkan
keadaan yang sebenarnya

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:13
Last Modified: 26 Sep 2024 07:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21627

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200