IMPULSE BUYING DURING LIVE STREAMING AND FLASH SALE OF TOKOPEDIA IN INDONESIA

Ego, Agung Pusaka and Rina, Suthia Hayu and Fachri, Eka Saputra (2023) IMPULSE BUYING DURING LIVE STREAMING AND FLASH SALE OF TOKOPEDIA IN INDONESIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI EGO AGUNG PUSAKA CETAK 2023 DEAL - Ego Agung Pusaka Ego Agung Pusaka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini mengakibatkan persaingan bisnis
menjadi semakin ketat. Kemajuan teknologi telah mempengaruhi banyak aspek di
kehidupan manusia, salah satu kemajuan teknologi adalah aspek perdagangan.
Saat ini belanja online merupakan hal baru yang harus segera diadaptasikan oleh
masyarakat luas karena dengan melakukan belanja online masyarakat dapat tetap
memenuhi kebutuhannya tanpa harus ke toko offline, cukup dengan menggunakan
gadget dan koneksi internet. Perilaku impulse buying merupakan perilaku
pembelian secara tak terencana tanpa memikirkan konsekuensinya. Selain itu
penelitian ini didasarkan pada teori S-O-R yang dikembangkan oleh (Hovland, et
al.,1953) menyatakan bahwa stimulus berupa pesan yang akan dapat
menimbulkan rangsangan dan akan memberikan efek berupa respon pada
seseorang. Dalam hal ini stimulus yang digunakan live streaming dan flash sale,
Organism dalam penelitian ini berupa emosi positif, sedangkan respon yang di
harapkan pada penelitian impulse buying.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif di mana
terdapat pengujian hipotesis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan
membuktikan secara empiris apakah live streaming dan flash sale memiliki
pengaruh terhadap impulse buying yang dimediasi oleh emosi positif. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dimana sampel
disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu. penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan jenis data primer yang diperoleh dari hasil
penyebaran kuesioner kepada masyarakat Indonesia yang menggunakan aplikasi
Tokopedia yang berusia 18-40 tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 210,
dari 210 responden terdapat 4 data responden tidak memenuhi kriteria yang
dibutuhkan tetapi tetap melanjutkan mengisi kuesioner. Dari 210 responden yang
masuk, hanya 206 yang diolah. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS
versi 3.2.9.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa live streaming berpengaruh positif
dan signifikan terhadap impulse buying, flash sale berpengaruh positif dan
signifikan terhadap impulse buying, emosi positif berpengaruh positif dan
signifikan terhadap impulse buying, live streaming berpengaruh positif dan
signifikan terhadap emosi positif, flash sale berpengaruh positif dan signifikan
terhadap emosi positif, emosi positif memediasi pengaruh live streaming terhadap
impulse buying, dan emosi positif memediasi pengaruh flash sale terhadap
impulse buying .
ix
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, peneliti menemukan bahwa live
streaming, flash sale dan emosi positif berpengaruh positif dan signifikan
terhadap impulse buying. Selain itu peneliti selanjutnya diharapkan mampu
meneliti dengan variabel yang lebih baik lagi di masa depan. Peneliti selanjutnya
juga diharapkan dapat menyebarkan kuesioner lebih luas dan lebih merata di
Indonesia, sehingga mampu merepresentasikan populasi Masyarakat Indonesia
yang sering melakukan impulse buying di Tokopedia.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:16
Last Modified: 26 Sep 2024 07:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21628

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200