Elita, Novalina Br Sitorus and Nasution, Nasution and Slamet, Widodo (2023) KEPUASAN KERJA SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT PAMOR GANDA KABUPATEN BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI_Kelvin Rion_Agustiawan (C1A019095) 1 - Kelvin Rion Agustiawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Sumber daya manusia merupakan salah satu sumber daya yang sangat
penting untuk membangun suatu perusahaan. Perusahaan yang memiliki sumber
daya manusia yang baik akan mengelola sumber daya yang lain yang dimiliki
perusahaan dengan baik untuk menghasilkan produk yang menguntungkan.
Pengelolaan sumber daya manusia yang profesional sangat dibutuhkan untuk
meningkatkan kemampuan, efektifitas dan efisien organisasi karyawan. Sehingga
tujuan perusahaan dapat tercapai dan karyawan dapat memberikan kontribusi yang
positif. Tingkat keberhasilan organisasi dapat dilihat melalui pencapaian tujuan
organisasi yang didukung oleh kinerja yang optimal.
Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh
seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang
diberikan kepadanya. Persepsi dukungan organisasi adalah penilaian karyawan
terhadap organisasinya sejauh mana organisasi tempatnya bekerja menghargai
kontribusi kinerja karyawan, sejauh mana kesesuaian terhadap imbalan atau
penghargaan yang diberikan organisasi, serta sejauh mana organisasi peduli
terhadap kesejahteraan karyawannya. Keterlibatan kerja adalah adalah keadaan
mental seseorang terkait dengan pekerjaannya yang bersifat positif dan secara
penuh terlibat dalam berbagai tugas organisasi yang menetap. Kepuasan kerja
merupakan suatu perasaan menyenangkan merupakan hasil persepsi individu
dalam rangka menyelesaiakan tugas atau memenuhi kebutuhannya untuk
memperoleh nilai-nilai kerja yang penting bagi dirinya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
survey. Metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner secara
offline. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap yang bekerja di PT.
Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Penelitian ini memiliki 38 pernyataan
yang diberikan kepada responden. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian
ini menggunakan kriteria dari Hair et al., (2010) yaitu minimal 5 kali dan
maksimum 10 kali dari jumlah indikator. Maka jumlah responden dalam
penelitian ini adalah sebanyak 191 responden. Metode pengolahan data dalam
penelitian ini menggunakan SEM dengan bantuan SmartPls versi 3.0.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persepsi dukungan organisasi
berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Pamor Ganda
Kabupaten Bengkulu Utara. Keterlibatan kerja berpengaruh secara signifikan
terhadap kinerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara.
Persepsi dukungan organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
viii
kerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Keterlibatan kerja
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Pamor
Ganda Kabupaten Bengkulu Utara. Kepuasan kerja berpengaruh secara signifikan
terhadap kinerja karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara.
Persepsi dukungan organisasi secara signifikan terhadap kinerja karyawan
memiliki pengaruh positif melalui kepuasan kerja karyawan PT. Pamor Ganda
Kabupaten Bengkulu Utara. Keterlibatan kerja secara signifikan terhadap kinerja
karyawan memiliki ppengaruh positif melalui kepuasan kerja karyawan PT.
Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara.
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian beberapa saran yang
dapat diberikan berkaitan dengan persepsi dukungan organisasi, keterlibatan kerja,
kinerja, dan kepuasan kerja pada karyawan PT. Pamor Ganda Kabupaten
Bengkulu Utara adalah (1) Disarankan bagi Pimpinan PT Pamor Ganda
Kabupaten Bengkulu Utara terus meingkatkan pemberian dukungan organisasi
terhadap karyawan PT Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara dengan lebih
menghargai kontribusi, lebih memperhatikan kepuasan kerja karyawan, (2)
Persepsi dukungan organisasi PT Pamor Ganda Kabupaten Bengkulu Utara sudah
baik, namun pada pernyataan “organisasi memberi perhatian setiap keluhan saya
saat bekerja” hal ini perlu dievaluasi perusahaan dengan memberikan saran dan
bantuan pada karyawan yang mengalami kesulitan dalam pekerjaannya agar
karyawan merasa diperhatikan oleh organisasi dan akan mengakibatkan kinerja
karyawan meningkat, (3) Keterlibatan karyawan PT Pamor Ganda Kabupaten
Bengkulu Utara sudah baik. Namun, pada pernyataan “Saya selalu memberikan
ide/gagasan saya untuk kemajuan perusahaan” hal ini perlu diperhatikan oleh
perusahaan dengan memberikan kesempatan kepada karyawan lebih berpartisipasi
dalam menyuarakan pendapat. Perusahaan juga memberikan apresiasi kepada
karyawan agar karyawan merasa apa yang mereka berikan kepada perusahaan
berarti bagi perusahaan. Sehingga karyawan menjadi lebih semangat dalam
bekerja, merasa bangga dengan pekerjaan yang dilakukan dan merasa nyaman
dalam menyelesaikan pekerjaan.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
| Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:41 |
| Last Modified: | 02 Oct 2024 07:41 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21636 |

