Panogihon, A.W Purba and M Zulkarnain, Yuliarso and Nola, Windirah (2023) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUTBUAH JERUK BERASTAGI DI TOKO NAYLA (KECAMATAN BENTIRING). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi full peerpus ogi - Leriman Jr.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Indonesia merupakan negara agraris dimana sektor pertanian adalah sektor
unggulan menjadi penunjang bagi subsektor lain. Subsektor holtikultura merupakan
subsektor pertanian yang meningkat produksinya sejak satu dasawarsa yang lalu. Dari
berbagai jenis hasil subsektor holtikultura adalah buah-buahan, Provinsi Bengkulu
memiliki keragaman produksi tanaman hortikultura, salah satunya adalah buah-buahan
(BPS, 2023). Provinsi Bengkulu menghasilkan berbagai jenis buah-buahan seperti jeruk,
alpukat, buah naga, mangga, pisang, pepaya dan lain-lain. Bengkulu merupakan daerah
penghasil buah-buahan yang sangat banyak. Penduduk Provinsi Bengkulu di atas 10 tahun
yang kurang konsumsi buah-buahan berkisar (95%) dengan adanya perubahan dari tahun
2007 dengan dengan angka sebelumnya berkisar (92%). Sehingga data tersebut
menyebutkan bahwa terjadi sedikit meningkat pada tahun 2007 – 2013 sebesar (3%)
penduduk masyarakat di Provinsi Bengkulu yang kurang konsumsi buah-buahan. Hal ini
menjelaskan bahwa persepsi konsumsi buah-buahan masyarakat Provinsi Bengkulu masih
kategori tinggi. Persepsi dipengaruhi oleh (Risyanti, 2005:67) faktor internal (pengalaman,
kebutuhan saat itu, nilai-nilai yang dianut, dan ekspektasi/pengharapan) dan faktor
eksternal (tampakan produk, sifat-sifat stimulus, dan situasi lingkungan). Untuk
mengetahui mengapa konsumen menerima atau menolak suatu produk atau merek,
pemasar harus memperhatikan dengan sungguh-sungguh pandangan konsumen terhadap
merek/produk tersebut, meski pandangan tersebut sangat tidak masuk akal sekalipun. Hal
ini memerlukan pengetahuan tentang dinamika persepsi manusia dan juga pengertian
tentang aturan-aturan fisiologis dan psikologis yang menentukan seleksi, organisasi dan
interpretasi dari stimulus sensorik konsumen memiliki minat dan persepsi terhadap atribut
buah saat akan membeli dan mengonsumsi buah di toko Nayla berdasarkan atribut-atribut
yang ada dalam setiap produk. Berdasarkan uraian latar belakang, maka tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi konsumen dan atribut-atribut yang
menjadi persepsi konsumen terhadap pembelian buah di toko Nayla. Tujuan yang ingin
dicapai atas rumusan masalah adalah 1)Menganalisis perilaku konsumen dalam pembelian
buah jeruk berastagi di Toko Nayla 2)Menganalisis persepsi konsumen terhadap atribut
buah jeruk berastagi di Toko Nayla. Lokasi penelitian ini ditentukan secara purposive atau
secara sengaja. Penelitian ini telah dilakukan di toko Nayla karena toko Nayla menjadi
penyedia buah jeruk brastagi yang konsisten dalam menjual buah jeruk brastagi dengan
tingkat konsumen yang tinggi di provinsi Bengkulu. Waktu penelitian dilakukan pada
bulan juli 2023. Penentuan responden dilakukan dengan metode accidental sampling atau
secara kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui untuk peneliti dijadikan
sampel. Penentuan accidental sampling tersebut digunakan jika jumlah populasi (kerangka
sampel) tidak diketahui sehingga tidak bisa ditentukan berapa jumlah konsumen buah di
toko Nayla. Penentuan sample dilakukan purposive dengan jumlah 75 sample. Penetapan
jumlah sample ini dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. 1)Perilaku
Konsumen sesuai dengan analisis data primer 2023 pada kuisioner yang ditentukan bahwa
konsumen dalam kategori sering melakukan pembelian buah jeruk berastagi di toko nayla
dengan rata rata pembelian buah 1kg dan alasan suasana di toko nayla memiliki suasana
yang nyaman terhadap konsumen. Dapat disimpulkan bahwa toko nayla merupakan toko
yang sesuai dengan keinginan konsumen.2) Persepsi konsumen terhadap atribut buah jeruk
berasatagi di toko nayla lebih banyak dalam kategori Setuju terhadap atribut yang ada pada
buah jeruk berastagi di toko nayla sesuai dengan analisis data primer 2023 pada kuisoner
yang ditentukan. Maka dapat disimpulkan bahwa buah jeruk berastagi di toko nayla sesuai
dengan keinginan dan kebutuhan konsumen konsumen yang membeli buah jeruk di toko
nayla.
Kata Kunci : Persepsi Konsumen, Perilaku Konsumen, Toko Buah Nayla.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:07 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21716 |