Widi, Wahyudi Candra and Ilsya, Hayadi and Willy, Abdillah (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS LAYANAN GRAB FOOD DAN MAXIM FOOD DELIVERY DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_WIDI WAHYUDI CANDRA - Widi Wahyudi Candra.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Transportasi online merupakan salah satu inovasi layanan dalam m-commerce.
Inovasi layanan ini mampu memberikan banyak manfaat bagi konsumen seperti dalam
hal penghematan waktu, tenaga serta kemudahan yang diberikannya. Pelayanan yang
memberikan banyak kemudahan dan efisiensi membuat jasa transportasi online menjadi
berkembang dan lebih disukai oleh masyarakat dibandingkan dengan jasa transportasi
konvensional.
Kualitas jasa merupakan hal penting dan selayaknya menjadi perhatian
perusahaan jasa. Kualitas jasa yang buruk membuat konsumen tidak nyaman dan
berpindah ke layanan jasa lain. Menurut Tjiptono (2012) kualitas pelayanan merupakan
suatu upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketetapan
penyampaiannya dalam mengimbangi harapan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kualitas layanan Grab
Food dan Maxim Food Delivery di kota Bengkulu berdasarkan faktor-faktor yang
mempengaruhi dalam layanan antar yaitu waktu pengiriman, layanan fleksibel, layanan
tepat waktu, layanan purna jual, manajemen pesanan, layanan tersedia, pemasaran dan
komunikasi serta informasi online.
Penelitian ini menggunakan data primer dengan cara menyebarkan kuesioner
untuk mendapatkan data. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah
melakukan pesanan makanan atau minuman pada layanan Grab Food dan Maxim Food
Delivery di kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 276 responden.
Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji One-way Anova.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pada semua dimensi kualitas
layanan. Secara nilai rata-rata kesuluruhan layanan Grab Food lebih unggul dengan nilai
3,96 sedangkan layanan Maxim Food Delivery dengan nilai 3,90. Dari hasil penelitian ini
dapat dilihat bahwa persaingan antara dua layanan tersebut tidak jauh berbeda dan begitu
kompetitif. Kedua layanan harus memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanannya,
melakukan inovasi layanan dengan cepat agar mendapatkan pangsa pasar yang lebih
tinggi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:43 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21816 |