ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MAKANAN TRADISIONAL KIPANG PULUT DIAN DI KOTA PANYABUNGAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Nurlaila, Lubis and Bambang, Sumantri and Ridha, Rizki Novanda (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MAKANAN TRADISIONAL KIPANG PULUT DIAN DI KOTA PANYABUNGAN PROVINSI SUMATERA UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI NURLAILA LUBIS (E1D017034) - Nurlaila Lubis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kipang Pulut Dian adalah adalah makanan khas dari kota Panyabungan yang diolah
menggunakan bahan baku dari beras ketan, gula tebu, vanili, garam dan minyak goreng,
memiliki ciri khas berbentuk kotak, rasanya manis, gurih dan renyah. Kipang Pulut Dian
mengalami persaingan yang ketat dengan para pelaku usaha lainnya sehingga penting
untuk memahami setiap faktor yang akan berpengaruh terhadap minat beli konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1.) mengalisis proses keputusan pembelian Kipang Pulut
Dian dan 2.) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen Kipang Pulut Dian. Responden dalam penelitian ini ditentukan dengan metode
Accidental Sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri
dari analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengambilan
keputusan konsumen membeli Kipang Pulut Dian pada tahap pengenalan kebutuhan
penting dilakukan, sedangkan tahap pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan
pembelian dan evaluasi pasca pembelian cukup penting dilakukan. Secara keseluruhan
konsumen cukup perting melakukan proses pengambilan keputusan pembelian Kipang
Pulut Dian. Secara simultan variabel warna, tekstur, aroma, rasa, penilaiani harga, kemasan
dan kebersihan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli Kipang
Pulut Dian. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel warna,
tekstur, rasa, dan kebersihan terhadap keputusan konsumen membeli Kipang Pulut Dian,
sedangkan variabel aroma, penilaian harga dan kemasan tidak berpengaruh secara parsial
terhadap keputusan konsumen membeli Kipang Pulut Dian.
Kata kunci : Kipang Pulut Dian, Makanan Tradisional, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:23
Last Modified: 02 Oct 2024 04:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/21830

Actions (login required)

View Item
View Item