Fajariah, Dwi (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MANAJEMEN DIRI TERHADAP KEDISIPLINAN DIRI SISWA KELAS XI NKPI 2 DI SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DWI FAJARIAH_A1L019043_PERPUS UNIB - Dwi Fajariah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik manajemen diri terhadap kedisiplinan diri siswa SMK
Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pra-eksperimen pretest dan
posttest one group design. Subjek dalam penelitian berjumlah lima orang siswa
dari kelas XI NKPI 2 SMK Negeri 4 Kota Bengkulu yang memiliki tingkat
kedisiplinan diri yang rendah. Pengambilan subjek penelitian yang digunakan
adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian
menggunakan uji (paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan diri pada siswa setelah diberikan
layanan konseling kelompok dengan teknik manajamen diri. Hal ini dapat terlihat
dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil uji t -9.053 (p < 0.05). Artinya bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan pada layanan konseling kelompok dengan
teknik manajemen diri terhadap kedisiplinan diri siswa kelas XI NKPI 2 SMK
Negeri 4 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Kedisiplinan diri, layanan konseling kelompok dengan teknik
manajamen diri.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:11 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22090 |