Hasanah, Shalindra Varadeba and Syahriman, Syahriman and Rita, Sinthia (2024) PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Shalindra Varadeba Hasanah (A1L019001) - Shalindra Varadeba Hasanah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan
konten untuk meningkatkan keterampilan regulasi diri dalam belajar pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan penelitian
kuantitatif jenis eksperimen dengan one group pretest posttest design. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 141 orang siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan intact group random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25
siswa. Data dikumpulkan dengan angket keterampilan regulasi diri dalam belajar.
Data dianalisis menggunakan uji-t (paired sample t-test). Hasil uji t menunjukkan
nilai t = -12,184 (p < 0,05), artinya terdapat pengaruh layanan penguasaan konten
yang signifikan untuk meningkatkan keterampilan regulasi diri dalam belajar. Rata-
rata keterampilan regulasi diri dalam belajar sebelum diberikan perlakuan layanan
penguasaan konten dalam kategori sedang dan setelah diberikan perlakuan layanan
penguasaan konten dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan
kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan layanan
penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan regulasi diri dalam belajar.
Kata kunci: Keterampilan Regulasi Diri dalam Belajar, Penguasaan Konten
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22104 |