Puspitasari, Afrilia and Rita, Sinthia and Mayang, T. Afriwilda (2024) PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_AFRILIA PUSPITA SARI_A1L019051_PERPUS UNIB-dikompresi - Afrilia Puspitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi
dengan metode diskusi untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Metode
penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan one group pretest posttest
design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kota
Bengkulu yang berjumlah 148 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik
random intact group sampling dengan jumlah sampel 28 siswa. Teknik
pengumpulan data dengan menggunakan angket penyesuaian diri dengan skala
Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t-test (paired sample test)
yang menunjukkan peningkatan penyesuaian diri siswa setelah diberikan
treatment berupa layanan informasi interaksi sosial dengan metode diskusi dengan
nilai t = -14.333 dengan taraf signifikan (2-tailed) sebesar 0.000. Artinya, terdapat
pengaruh layanan informasi dengan metode diskusi untuk meningkatkan
penyesuaian diri.
Kata Kunci: penyesuaian diri, layanan informasi, metode diskusi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 04:58 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 04:58 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22108 |