Alfaqieh, Muhammad Irsyad and Elita, Yessy and Sinthia, Rita (2024) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DIRI DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Irsyad Alfaqieh A1L017054 - Muhammad Irsyad Alfaqieh.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara motivasi diri
dengan resiliensi akademik siswa kelas X SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Data
yang dipakai adalah data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket penelitian
secara online kepada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jumlah
sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 101 orang dengan
teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
angket motivasi diri dan resiliensi akademik dengan skala Likert. Data dianalisis
dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0.625
(p<0,05). Dengan koefisien determinasi (R square) sebesar 39,1% yang
mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (motivasi diri) terhadap
variabel terikat (resiliensi akademik) adalah sebesar 39,1% dengan kata lain
motivasi diri memiliki pengaruh terhadap resiliensi akademik. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa, semakin tinggi motivasi diri siswa maka semakin tinggi juga
resiliensi akademik siswa. Sementara semakin rendah motivasi diri siswa maka
akan semakin rendah resiliensi akademik siswa.
Kata Kunci: Motivasi Diri, Resiliensi Akademik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22431 |