HUBUNGAN ANTARA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

Hidayah, Amalia and Saparahayuningsih, Sri and Suprapti, Anni (2024) HUBUNGAN ANTARA KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI AMALIA HIDAYAH (2) - Amalia Hidayah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesejahteraan
psikologis dengan perilaku prososial siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bengkulu
Tengah. Populasi dalan penelitian ini berjumlah 136 siswa. Jumlah sampel yang
diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 136 siswa dengan teknik total
sampling. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik
korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket
kesejahteraan psikologis dan angket perilaku prososial siswa. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil
penelitian menunjukan adanya hubungan positif yang signifikan antara
kesejahteraaan psikologis dengan perilaku prososial siswa dengan nilai koefisien
korelasi sebesar 0.556 dengan derajat korelasi cukup dan taraf signifikansi sebesar
p=0.000 (p<0.05) yang artinya semakin tinggi kesejahteraan psikologis, maka
semakin tinggi perilaku prososial siswa. Hasil ini kemudian dilakukan
pembahasan dan implikasi terhadap layanan bimbingan dan konseling.
Kata Kunci: Kesejahteraan Psikologis, Perilaku Prososial, Siswa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:09
Last Modified: 16 Oct 2024 04:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22437

Actions (login required)

View Item
View Item