Dila, Rizka Oktavia and Suprapti, Anni and Mishbahuddin, Arsyadani (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU AGRESIF SISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rizka Oktavia Dila - Rizka oktavia dila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Pemahaman perilaku agresif merupakan pemahaman siswa tentang perilaku yang
dapat membahayakan orang lain, yang mana pelaku melakukannya karena
kesengajaan bukan karena membela diri atau apapun, tetapi untuk mendapatkan
haknya namun dengan cara melukai hak orang lain. Penelitian ini menggunakan
layanan bimbingan kelompok teknik homeroom untuk meningkatkan pemahaman
perilaku agresif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas
layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan
pemahaman perilaku agresif. Metode penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan two group pre-test post-tes control design. Populasi dalam
penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yang
berjumlah 150 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 20 peserta didik
diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan soal tes pemahaman perilaku agresif. Hasil uji-t kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol adalah 20.589. Diketahui terdapat
perbandingan pada layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk
meningkatkan pemahaman perilaku agresif antara kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol yang mana kelompok eksperimen lebih efektif daripada
kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian ini terdapat
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk
meningkatkan pemahaman perilaku agresif peserta didik.
Kata kunci: perilaku agresif, bimbingan kelompok, teknik homeroom
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:09 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22447 |