Julianti, Tri Chenda and Pujianto, Dian and Sugihartono, Tono (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING FUTSAL PADA PROSES PEMBELAJARAN PJOK MELALUI ALAT BANTU MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS X1 IPA 1 SMA NEGERI 1 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TRI CHENDA J 1-5(A1H019009) - Tri Chenda julianti.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan alat bantu
berupa media dinding dapat meningkatkan keterampilan passing peserta didik di
kelas XI IPA 1. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini ialah 25 peserta didik dari kelas XI IPA
1 di SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data dikumpulkan
melalui instrumen penelitian yang bersumber dari peserta didik dan juga guru.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang dimana setiap siklus memiliki 4
tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun hasil
observasi terhadap proses belajar mengajar dengan menggunakan alat bantu berupa
media dinding pada pembelajaran PJOK, kegiatan awal yaitu pra siklus
memperoleh rata-rata 56% (Kurang), sedangkan siklus 1 memperoleh rata-rata 68%
(Kurang), dan siklus 2 memperoleh rata-rata 80% (Baik). Berdasarkan dari hasil
yang telah didapat tersebut maka dapat disimpulkan bahwasannya dengan
menggunakan alat bantu berupa media dinding pada pembelajaran PJOK dapat
meningkatkan keterampilan passing futsal peserta didik.
Kata Kunci : Dinding, Futsal, Media, Proses
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:41 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22520 |