PENGARUH PERMAINAN MAZE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 - 20 ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II DESA RINDU HATI KECAMATAN TABA PENANJUNG BENGKULU TENGAH

Hanisa, Novia and Ardina, Mona and Fitriana, Septi (2024) PENGARUH PERMAINAN MAZE ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 - 20 ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II DESA RINDU HATI KECAMATAN TABA PENANJUNG BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Novia untuk perpus unib - Novia Hanisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan maze angka terhadap
kemampuan men genal konsep bilangan 1-20 pada anak kelompok B. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini
menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah
13 anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Rindu Hati Bengkulu
Tengah. Selanjutnya teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel
jenuh (Saturation Sampling). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan
mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B sebelum diberi perlakuan (pre-test)
dengan nilai rata-rata sebesar 2,4 dan setelah diberi perlakuan (post-test) pada
kelompok eksperimen meningkat menjadi 3,5. Selain itu, hasil perhitungan paired
sample t-test diketahui nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh maze angka terhadap kemampuan mengenal
konsep bilangan 1-20 anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Desa Rindu Hati.
Disarankan (1) bagi guru dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang
media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep
bilangan anak dengan maze angka dan menjadi referensi guru dalam melakukan
kegiatan untuk menstimulus kemampuan kognitif anak usia dini. (2) bagi sekolah
sebagai salah satu cara dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada jenjang
pendidikan anak usia dini.
Kata Kunci: Maze Angka, Konsep Bilangan, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:50
Last Modified: 17 Oct 2024 02:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22565

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200