Najmi, Safa’atun and Nursaadah, Euis and Defianti, Afrina (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI KONTEKS LOKAL DALAM PROSES PEMBUATAN BEKASAM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Safa'atun Najmi_A1M019052_Program Studi Pendidikan IPA - Safa'atun Najmi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu sumber belajar yang
dapat dikembangkan oleh guru sebagai fasilitator dalam kegiatan
pembelajaran. LKPD dapat menjadi pedoman bagi peserta didik untuk
melakukan proses pembelajaran yang aktif serta mandiri. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana karakteristik
bekasam yang dihasilkan, 2) Mendeskripsikan kelayakan LKPD Berbasis
Pendekatan Saintifik pada materi Bioteknologi konteks Lokal dalam proses
pembuatan bekasam di kelas IX SMP Berdasarkan hasil Validasi oleh para ahli,
3) Mengetahui Respon guru terhadap LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik
pada materi Bioteknologi konteks Lokal dalam proses pembuatan bekasam di
kelas IX SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Batanghari, SMP N 10
Batanghari, SMP N 12 Batanghari, SMP N 16 Batanghari pada Bulan Oktober
Tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design,
Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
1) Lembar angket validasi ahli, 2) Lembar angket respon guru IPA. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata uji Validasi Ahli
materi,media dan bahasa 96,5% (Valid). Pada uji respon guru IPA
mendapatkan hasil rata-rata 89,612% (sangat baik).
Kata kunci: Bioteknologi, LKPD, Pendekatan Saintifik
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 04:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22599 |