PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Vianey, Elisabet and Ginting, Sura Menda and Elvinawati, Elvinawati (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
ELISABET VIANEY A1F019025 - Tiara Juliani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kelayakan dan respon siswa serta guru
terhadap e-modul praktikum kimia berbasis Green chemistry yang telah
dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4D
menurut Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan yakni Difine, Design, Development,
dan Dissiminate. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu tahun
pelajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian yaitu 26 orang siswa kelas XII IPA
2. Instrumen pada penelitian ini yakni lembar observasi atau wawancara, lembar
validasi, angket respon peserta didikdan guru. Hasil penelitian ini diperoleh data
hasil validasi ahli materi terhadap e-modul praktikum kimia yang telah
dikembangkan diperoleh angka persentase sebesar 84,35% dan termasuk dalam
kriteria sangat layak. Prinsip Green chemistry yang telah diterapkan dalam
penelitian ini sebanyak tujuh prinsip dan diperoleh persentase kelayakan sebesar
89%. Pada uji respon guru dan peserta didik diperoleh persentase sebesar 90,27%
dan 80,2%, yang termasuk dalam kriteria sangat menarik dan sangat baik.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul praktikum
kimia berbasis Green chemistry yang telah dikembangkan dalam penelitian ini
layak untuk digunakan serta diterapkan dalam kegiatan praktikum di laboratorium.
Kata Kunci : E-modul Praktikum Kimia, Green chemistry, Titrasi Asam Basa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:22
Last Modified: 18 Oct 2024 02:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22614

Actions (login required)

View Item
View Item