Eliza, Eliza and Wiwit, Wiwit and Nurhamidah, Nurhamidah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN LABORATORIUM KIMIA BERBANTUAN APLIKASI CANVA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi Eliza_A1F020006 - Eliza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan e-modul
pengetahuan dan keterampilan laboratorium kimia berbantuan aplikasi canva, yang
bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan respons mahasiswa terhadap e�modul yang dikembangkan. Model pengembangan e-modul menggunakan model
ADDIE yang dibatasi sampai tahap development. Subjek uji coba pada penelitian
yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu yang
pernah mengikuti mata kuliah Pengetahuan dan Keterampilan Laboratorium Tahun
Akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket
kebutuhan mahasiswa, studi pustaka, validasi ahli, dan angket respons mahasiswa.
Hasil angket kebutuhan menunjukkan 96,9% mahasiswa membutuhkan bahan ajar
sebagai sumber belajar pengetahuan dan keterampilan laboratorium kimia.
Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase rata-rata tingkat kelayakan e�modul pada aspek media yaitu 93,4% sedangkan dari aspek materi yaitu 90,6%
yang termasuk pada kategori sangat valid. Uji respons mahasiswa memperoleh hasil
persentase rata-rata sebesar 96,7%% berada pada kategori sangat baik. Dari hasil
penelitian dan pengembangan, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul yang
dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar tambahan dalam
perkuliahan.
Kata Kunci : E-Modul, Pengembangan, Pengetahuan dan Keterampilan
Laboratorium Kimia
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:23 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 02:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22622 |