Juliani, Tiara and Elvinawati, Elvinawati and Solikhin, Febrian (2024) PENGEMBANGAN KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU (KIT) PRAKTIKUM KIMIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
TIARA JULIANI_A1F019005_BEBAS PUSTAKA UNIB - Tiara Juliani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
dan kemampuan psikomotorik peserta didik setelah menggunakan media alternatif
KIT yang dikembangkan. Pengembangan KIT praktikum kimia ini menggunakan
pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu
dengan subjek penelitian yaitu 12 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 untuk uji
coba kelompok kecil dan seluruh peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8
Kota Bengkulu dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu untuk uji coba kelompok besar.
Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar wawancara, angket kebutuhan peserta
didik, lembar validasi, angket respon peserta didik, dan lembar penilaian
psikomotorik. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Tingkat kelayakan KIT praktikum
kimia yaitu 94,05% dengan kategori sangat valid, (2) Hasil respon peserta didik
terhadap KIT praktikum pada materi kalorimeter memperoleh persentase 89,06%
dengan kategori sangat baik, (3) Kemampuan psikomotorik peserta didik
memperoleh rata-rata persentase pada SMA Negeri 8 Kota Bengkulu sebesar
92,17% dan SMA Negeri 9 Kota Bengkulu sebesar 96,95% dengan kategori sangat
baik. Hasil penelitian ini menunjukkan KIT praktikum kimia pada materi
kalorimeter telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan diterapkan pada
proses pembelajaran.
Kata kunci : KIT Praktikum, Model ADDIE, Kalorimeter
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
| Depositing User: | septi |
| Date Deposited: | 18 Oct 2024 02:24 |
| Last Modified: | 18 Oct 2024 02:24 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22629 |

