PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 11 KOTA BENGKULU PADA MATERI STATISTIKA

Candraprima, Ilhamd and Agustinsa, Ringki and Sumardi, Hari (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 11 KOTA BENGKULU PADA MATERI STATISTIKA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
A1C019034_ILHAMDI CANDRAPRIMA_SKRIPSI - Ilhamdiic (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa yang rendah melatarbelakangi penelitian
ini. Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruh model problem based
learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi
statistika di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen semu dengan menggunakan desain The nonequivalent pretest-posttest
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan
sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih dalam
penelitian ini ialah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan
problem based learning dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang
menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes uraian kemampuan pemecahan
masalah. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent sample t-test.
Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel, yakni 2,77 > 2,00 dan
nilai sig.(2-tailed) lebih kecil dari nilai signifikan α yakni 0,01 < 0,05 dengan nilai
rata-rata N-gain pada kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata N-gain
kelas kontrol yakni 0,45 > 0,36. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model problem based learning
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika
di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based
Learning, Statistika

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:53
Last Modified: 18 Oct 2024 02:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22638

Actions (login required)

View Item
View Item