KONFLIK KOGNITIF SISWA PADA PENYELESAIAN MASALAH KESEBANGUNAN DI KELAS VII SMPN 22 KOTA BENGKULU

Syafftri, Afiifah Khania and Maulidiya, Della and Lestary, Ratnah (2024) KONFLIK KOGNITIF SISWA PADA PENYELESAIAN MASALAH KESEBANGUNAN DI KELAS VII SMPN 22 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI AFIIFAH KHANIA SYAFFTRI_PERPUSTAKAAN UNIB - Afiifah Khania syaffitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Teori Piaget menyatakan bahwa konflik kognitif berperan dalam menyegarkan
konsep yang dimiliki oleh peserta didik. Peserta didik yang mengalami
miskonsepsi memiliki peluang untuk memperbaiki pemahaman mereka melalui
konflik kognitif. Mengingat pentingnya konflik kognitif dalam pembentukan
konsep matematika yang benar, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan
mendeskripsikan jenis konflik kognitif peserta didik pada penyelesaian masalah
kesebangunan Pada Kelas VII SMP N 22 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini studi
kasus dengan metode eksploratori. Subjek penelitian ini terdiri dari enam peserta
didik dengan kemampuan matematis rendah, sedang dan tinggi. Pengumpulan
data penelitian ini dilakukan dengan mengunakan tes konflik, wawancara dan
dokumentasi berupa video realtime. Konflik kognitif yang muncul pada peserta
didik tersebut adalah konflik kognitif tipe I, II dan III. Konflik kognitif tipe I
terjadi karena terjadinya kontradiksi antara pemahaman konsep kesebangunan
yaitu rumus perbandingan sisi yang bersesuaian dengan hasil jawaban pada
permasalahan peserta didik dengan sudut-sudut yang bersesuaian. Konflik kognitif
tipe II terjadi ketika terjadinya ketidakseimbangan antara skema baru konsep
kesebangunan tentang ketiga sudut yang bersesuaian sama besar dengan hasil
jawaban peserta didik menggunakan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian.
Konflik kognitif tipe III terjadi ketika peserta didik mengalami miskonsepsi antara
skema yang ada pada struktur kognitif peserta didik dalam segi visual dengan
konsep kesebanagunan yaitu perbandingan sisi yang bersesuaian. Gejala atau ciri�ciri fisik yang muncul saat peserta didik mengerjakan permasalahan pada
kesebangunan dalam rekaman video antara lain meletakkan kepala di meja,
meletakkan pena di kepala, membolak-balikkan kertas, melihat teman sebaya,
melamun, dan menggaruk kepala.
Kata kuci: Konflik Kognitif, Pemecahan Masalah, Kesebangunan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:36
Last Modified: 18 Oct 2024 04:36
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22668

Actions (login required)

View Item
View Item