PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 REJANG LEBONG

Ilmiati, Huffazhoh and Siagian, Teddy Alfran and Stiadi, Elwan (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 7 REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi Huffazhoh Ilmiati (A1C020067) - Huffazhoh Ilmiati.pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melatarbelakangi
penelitian ini. Siswa mengalamai kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang
diberikan. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model Problem
Based Learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa, untuk mengetahui tingkat sebaran kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa pada kategori tingkat kemampuan pemecahan masalah sangat baik,
tingkat kemampuan pemecahan masalah baik, tingkat kemampuan pemecahan masalah
cukup, tingkat kemampuan pemecahan masalah kurang, dan tingkat kemampuan
pemecahan masalah sangat kurang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain posttest only control group design. Subjek penelitian ini yaitu 22 orang siswa
kelas XI AKL 1 SMK Negeri 7 Rejang Lebong pada semeseter genap tahun ajaran
2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan pemecahan
masalah matematika. Berdasarkan hasil perhitungan penelitian menunjukkan bahwa rata�rata kelas eksperimen sebesar 86,35 dan kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 78,93. Hasil
pesenlitian didapat bahwa 1) terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan
Geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah, 2) tingkat kemampuan pemecahan
masalah kategori sangat baik sebesar 72,72%, 3) tingkat kemampuan pemecahan masalah
kategori baik sebesar 27,23%.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:51
Last Modified: 21 Oct 2024 01:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22675

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200