PENGARUH PEMBELAJARAN METODE TUTOR SEBAYA BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Azizah, Nur and Agustinsa, Ringki and Maulidiya, Della (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN METODE TUTOR SEBAYA BERBANTUAN HANDOUT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Skripsi_Nur Azizah_A1C019033 - Nur Azizah (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan
penerapan pembelajaran metode tutor sebaya berbantuan handout terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain
penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu
tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ialah kelas VIII G sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang diambil dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk
soal uraian, yaitu tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Analisis data
instrument tes menggunakan uji independent sampel t tast. Hasil penelitian
menunjukkan nilai dan nilai signifikan (2-tailed) kurang dari
nilai signifikan dengan nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi
matematis kelas eksperimen lebih besar dari hasil tes kemampuan komunikasi
matematis kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan pada penerapan pembelajaran metode tutor sebaya berbantuan
handout terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII di SMP
Negeri 11 Kota Bengkulu.
Kata kunci: Tutor Sebaya, Handout, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:52
Last Modified: 21 Oct 2024 01:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22687

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200