PENGEMBANGAN E – MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION KONTEKS TABOT BENGKULU MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Rahmawati, Riski and Rahimah, Dewi and Lestary, Ratnah (2024) PENGEMBANGAN E – MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION KONTEKS TABOT BENGKULU MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI_RISKI RAHMAWATI_S1 PENDIDIKAN MATEMATIKA - RISKI RAHMAWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e – modul berbasis Realistic
Mathematics Education konteks Tabot Bengkulu pada materi bangun ruang sisi
datar kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang valid, praktis dan memiliki
efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian desain (Development Studies)
dengan menggunakan model pengembangan tipe formative research yang terdiri
dari tahapan preliminary (analisis dan pendesainan) dan tahap formative evaluation.
Pada tahap formative evaluation yang terdiri dari tahap self evaluation, prototyping
(expert review, one – to – one, dan small group) serta field test. Instrumen penelitian
menggunakan angket, pedoman wawancara, dan tes pemahman konsep berbentuk
soal uraian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh e – modul terkategori valid
setelah dilakukan perbaikan berdasarkan validasi expert review dan one – to – one,
terkategori praktis setelah dilakukan perbaikan berdasarkan catatan revisi tahap
small group, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep matematis
siswa yang ditinjau dari pencapaian ketuntasan belajar secara klasikal, diperoleh
persentase sebesar 85,71% dengan klasifikasi sangat baik.
Kata kunci: E – Modul, Realistic Mathematics Education, Konteks Tabot
Bengkulu, Bangun Ruang Sisi Datar, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:52
Last Modified: 21 Oct 2024 01:52
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22690

Actions (login required)

View Item
View Item