PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BAGI ANAK USIA DINI PADA PAUD SEKOLAH ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU

Simanjuntak, Delfridawati Devita and Sofino, Sofino and Gusti, Ririn (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BAGI ANAK USIA DINI PADA PAUD SEKOLAH ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
BAB 1-5 Delfridawati Devita Simanjuntak (A1J019040) - Delfridawati Devita Simanjuntak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran, sumber
belajar, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dalam pelaksanaan
pembelajaran kewirausahaan bagi anak usia dini pada PAUD Sekolah Alam
Mahira Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif
dengan subjek penelitian sebanyak lima orang dan teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji
validasi data menggunakan triangulasi mulai dari triangulasi subjek, triangulasi
waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama,
tujuan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan bagi anak
usia dini di PAUD Sekolah Alam Mahira mempunyai tiga tujuan pembelajaran
yaitu tujuan pembelajaran kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor
(keterampilan). Kedua, sumber belajar meliputi pesan atau informasi pelaksanaan
pembelajaran kewirausahaan, orang berupa fasilitator atau profesi lainnya yang
bertugas menyampaikan pembelajaran kewirausahaan, teknik berupa metode
demonstrasi dan metode ceramah, lingkungan atau latar berupa tempat
pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan. Ketiga, strategi pembelajaran
langsung (direct) berupa guru menjadi pusat perhatian dalam pembelajaran, dan
startegi pembelajaran mandiri (independent) berupa peserta didik belajar dibawah
bimbingan atau supervisi guru/fasilitator. Keempat, evaluasi pembelajaran berupa
evaluasi harian.
Kata Kunci: Komponen Pembelajaran, Kewirausahaan, Fasilitator.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:53
Last Modified: 21 Oct 2024 01:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22705

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200