PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS V GUGUS XI DI KOTA BENGKULU

Wulandari, Dwi and Winarni, Endang Widi and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP LITERASI LINGKUNGAN DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS V GUGUS XI DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI] Text (SKRIPSI)
Dwi Wulandari_A1G020008 - Dwi Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning
berbantuan multimedia interaktif terhadap literasi lingkungan IPAS kelas V SDN
Gugus XI Kota Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan
metode eksperimen semu dengan desain penelitian The Matching Only Pretest�Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid kelas
V SDN gugus XI Kota Bengkulu. Sampel penelitian adalah kelas VB SDN 44 Kota
Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN 55 Kota Bengkulu Sebagai
kelas kontrol. Instrumen teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh
dengan analisis data melakukan Pretest dan Posttest dengan menggunakan
instrumen angket. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis dengan statistik
deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa
nilai posttest memiliki perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai thitung (3,647) > ttabel (1.688) atau Sig.(2-
tailed) 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia
interaktif terhadap literasi lingkungan dalam muatan pembelajaran IPAS kelas V
gugus XI di kota Bengkulu.
Kata Kunci : model discovery learning, multimedia interaktif, literasi
lingkungan, ipas.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 01:06
Last Modified: 22 Oct 2024 01:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22763

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200