Melisa, Melisa and Agusdianita, Neza and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SD NEGERI 01 KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Melisa_A1G020070_S1PGSD - Melisa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika
berbantuan media video berbasis STEAM terhadap kemampuan literasi numerasi
siswa. Peneliti menggunakan metode eksperimen semu yang merupakan penelitian
kuantatif. Siswa kelas V A dan B di SDN Negeri 1 Kepahiang menjadi sampel pada
penelitian ini. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-test dan post�test yang dirancang dalam bentuk soal pilihan ganda berjumlah masing-masing 10
soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre-test diperoleh nilai tertinggi
siswa di kelas eksperimen 70 dan nilai terendah 20 dengan rata-rata 44,5 sedangkan
di kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 30 dengan rata-rata
39. Kemudian hasil uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal,
begitupun hasil uji homogenitas berada pada varian yang homogen. Lebih lanjut
pada post-test, di kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 72,5 dan kelas kontrol
sebesar 56 dengan perbedaan nilai rata-rata 16,5. Kesimpulan bahwa terdapat
pengaruh dari penggunaan media video pembelajaran berbasis STEAM terhadap
kemampuan literasi numerasi siswa di kelas VA dan VB SD Negeri 01 Kepahiang.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis STEAM, Kemampuan Literasi
Numerasi, Pengaruh Pembelaj
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:07 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22776 |