Devitria, Seprina and Tarmizi, Pebrian and Lusa, Herman (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERGERAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI (PTK DI KELAS IIIA SDIT AL-MUTHMAINNAH). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SEPRINA DEVITRI(A1G021167) - Nurul Rahmiah Fitri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Kooperative Tipe Picture
And Picture Berbantuan Media Gambar Bergerak Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa (Ptk Di Kelas Iiia Sdit Al-Muthmainnah) yang bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar
(keterampilan menulis) di kelas IIIA SDIT Al-Muthmainnah Kota Jambi. Penelitian
ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan instrumen penelitian
menggunakan observasi dan soal tes. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan
Kelas dengan siswa kelas III sebagai subjeknya. Pada siklus pertama masih pertama
guru sebagai pelaksana dan mahasiswa (penulis) sebagai pengamat, penggunaan
media ini melalui kolaborasi guru dan mahasiswa yang telah direncanakan baik dari
RPP dan penyusunan materi saat mengajar diperoleh hasil bahwa masih terdapat
kekurangan dan kelebihan dari menggunakan media tersebut. Sehingga di lakukan
siklus kedua lagi menggunakan media tersebut dengan mahasiswa (Penulis) sebagai
pelaksana dan guru sebagai pengamat dan penggunaan media seperti siklus pertama
yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan dan evaluasi. Pada pra siklus skor
nilai siswa sebesar 64.8 dengan kategori kurang terampil, dan hanya beberapa
siswa saja yang terampil dalam menulis dan setelah dilakukan tindakan siklus I skor
nilai keterampilan 73.3 belajar siswa naik menjadi dengan kategori cukup
terampil, dengan jumlah siswa yang terampil sejumlah 13 siswa dan tidak terampil
7 siswa. Dan meningkat sangat signifikan pada siklus II pada skor nilai
keterampilan belajar siswa menjadi 80,5 dengan kategori mendekati terampil.
Kata Kunci : Model Kooperatif picture and picture, media gambar bergerak,
aktivitas dan keterampilan menulis deskripsi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:08 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22784 |