Ulandari, Peska and Dalifa, Dalifa and Tarmizi, Pebrian (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDN GUGUS XIV KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PESKA ULANDARI_A1G020009 - Peska Ulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning
(PjBL) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V
SDN Gugus XIV Kota Bengkulu. jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (Quasy Exsperiment)
dan jenis desain yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest
Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas V SDN Gugus XIV
Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah kelas VB dan kelas VC SDN 52 Kota
Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel Claster Random Sampling.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar aspek pengetahuan
meliputi C4 (menganalisis) sampai C5 (mengevaluasi) yang berupa soal pilihan
ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistic deskriptif,
analisis uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Nilai thitung
(3,721) > ttabel (1,688). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel hal ini
menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara posttest kelas eksperimen
dan kelas kontrol. Berdasarkan perbedaan nilai posttest hasil belajar siswa maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL)
berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN XIV
Kota Bengkulu.
Kata Kunci : PjBL, Audio Visual, Hasil Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22802 |