Tiana, Tri Erlangga and Agusdianita, Neza and Yusnia, Yusnia (2024) STUDI DESKRIPTIF IMPLEMEMNTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 44 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI [thumbnail of SKRIPSI]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI TRI FIX-1 - TRIERLANGGA TIANA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 44 Kota
Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas IV. Instrumen
penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi,
lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Teknik keabsahan data melalui triangulasi teknik dan membercheck. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa implementasi perencanaan pembelajaran
berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 44 Kota
Bengkulu dapat disimpulan bahwa implementasi perencanaan pembelajaran
berdiferensiasi dimulai dari pemetaan pembelajaran berdasarkan kebutuhan yang
dimiliki peserta didik, guru merancang pembelajaran sesuai hasil pemetaan siswa,
guru membuat rancangan pembelajaran guru melakukan dan tahap terakhir
melakukan evaluasi dan refleksi pembelajaran untuk mengetahui tingkat
pemahaman terhadap materi yang diajarkan. Implementasi pelaksanaan
pembelajaran berdiferensiasi ada 4 komponen pembelajaran berdiferensiasi yaitu:
(1) konten/ isi, (2) deferensiasi proses, (3) deferensiasi produk, dan (4) lingkungan
belajar. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi memberikan guru
mempertimbangkan kebutuhan belajar siswa dengan mempertimbangkan
kebutuhan belajar dengan memperhatikan gaya belajar, minat dan bakat siswa
yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Matematika, SD
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 01:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 01:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22808 |