Tomaidi, Ahmat and Winarni, Endang Widi and Muktadir, Abdul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 76 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS AHMAT TOMAIDI (A2G021078) PERPUS UNIB-1 - Ahmad Tomaidi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flash card pada muatan
pelajaran Pendidikan Pancasila dengan model problem based learning (pbl) dalam
meningkatkan karakter peduli lingkungan di kelas IV sekolah dasar 76 Bengkulu
Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and
Development) dengan menggunakan model 4D. Model ini terdiri dari 4 tahap
yaitu tahap analisis (define), desain (design), pengembangan (development), dan
penyebarluasan (dessimate). Obyek pada penelitian adalah media pembelajaran
flash card kemudian subjek penelitian 20 orang siswa dan 1 orang guru kelas IV. Instrumen pengumpulan data pada penelitrian ini menggunakan angket uji
kelayakan, angket resepon peserta didik dan pedoman wawancara guru. Uji
kelayakan dilakukan oleh 6 orang validator yaitu 2 ahli materi, 2 ahli bahasa
dan 2 ahli penyajian. Uji respon pengguna dilakukan pada 20 siswa kelas IV
dan 1 orang guru kelas SDN 76 Bengkulu Selatan. Teknik analisis data yang
digunakan dalam menentukan kelayakkan media pembelajaran menggunakan
tabulasi silang. Hasil uji kelayakan media flash card oleh validator ditinjau dari
aspek materi, bahasa, dan penyajian. Kelayakan materi diperoleh 0,80 (kriteria
layak), hasil kelayakan bahasa 0,90 (kriteria sangat layak) dan hasil kelayakan
tampilan 0,80 (kriteria layak). Hasil uji efektivitas terhadap media yang
dikembangkan terdapat peningkatan sikap peduli lingkungan peserta didik dengan
hasil hitung gain kriteria gain sedang, ini artinya tidak terjadi penurunan nilai dari
hasil pretes ke postes. Selain itu hasil wawancara dengan guru kelas IV
menunjukan respon positif. Dengan kata lain media yang digunakan memberikan
manfaat dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata Kunci: flash card, media, PBL
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:00 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/22861 |